Manfaat Daun Singkong

Singkong adalah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama "ubi kayu" dan "ketela pohon" dipakai dalam bahasa Melayu secara luas. Nama "ketela" secara etimologi berasal dari kata "castilla" (dibaca "kastilya"), karena tanaman ini dibawa oleh orang Portugis dan Castilla (Spanyol).

Dalam bahasa lokal, bahasa Jawa menyebutnya pohung, bahasa Sangihe bungkahe, bahasa Tolitoli kasubi, dan bahasa Sunda sampeu

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan :

1. Rheumatik
Bisa dilakukan dengan penggunaan penggunaan batin dan eksternal. Dalam pemakaian daun singkong 5 lembar ditambah 15 gram jahe merah dan kapur. sediakan air sirih secukupnya ditumbuk dan ditambahkan, kemudian diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Pada penggunaan 100 gram, singkong batang gram ditambah 1 batang sereh dan jahe direbus 15 di 1000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Terapkan 2 kali sehari.

2. Sakit kepala
Daun singkong ditumbuk, lalu digunakan untuk kompres

3. Demam
Batang 60 gram ditambah 30 gram singkong yang telah direndam Jali hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian Campuran disaring dan diambil 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

4. Diare
7 lembar daun singkong direbus dengan air hingga 800 cc 400 cc kiri. Kemudian air disaring dan diminum sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

5. Cacingan

Bark 60 gram dan 30 gram daun singkong, direbus dengan ketepeng cina 600 cc hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum air sebelum tidur.

6. Meningkatkan Stamina
Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan 5 poin telah angco unggulan, dicampur dengan air secukupnya ditambah. Ditambah madu dan diminum.


Artikel Terkait :